Warning: include(): Failed opening '/home2/jogjapag/public_html/wp-content/advanced-cache.php' for inclusion (include_path='.:/usr/php/54/usr/lib64:/usr/php/54/usr/share/pear') in /home2/jogjapag/public_html/wp-settings.php on line 58
DrumPlus Adakan Kompetisi Drummer Junior « JogjaPages.com JogjaPages.com

DrumPlus Adakan Kompetisi Drummer Junior

Faiz Wong (tengah) dan panitia Junior Drum Fest 2013 saat jumpa pers di Momento Cafe, Kamis (7/3). (Photo: Eka Wahyu)

Komunitas pemain drum, DrumPlus akan menggelar Junior Drum Fest 2013, sebuah kompetisi drummer junior untuk usia 6 hingga 15 tahun. Mengambil tema “Reading Drum Chart 8 Beat”, kompetisi ini akan diadakan pada hari Minggu, 10 Maret 2013, di Momento Cafe, Condong Catur, Yogyakarta mulai pukul 15:00 WIB.

Menurut Faiz Wong, Ketua Panitia Festival sekaligus pendiri DrumPlus, kompetisi ini berangkat dari meningkatnya animo remaja dan anak-anak dalam mengikuti kursus drum. “Banyak tempat kursus drum full kelasnya. Dan hampir semua tempat kursus tersebut mengajarkan baca tulis not kepada siswanya, jadi kami ingin mengapresiasi kemampuan para siswa tersebut melalui kompetisi ini,” terangnya saat jumpa pers di Momento Cafe, Kamis (7/3).

Dalam kompetisi ini peserta tidak akan memainkan minus one seperti pada kebanyakan festival tapi mereka harus memainkan partitur yang disodorkan panitia pada saat peserta mendaftar. Sesuai tema kompetisi, para peserta diwajibkan membaca dan memainkan partitur drum dengan ritme 8 beat yang berbeda-beda untuk masing-masing peserta.

“Kemampuan membaca partitur yang telah diajarkan seringkali tidak dipakai dalam kompetisi drum kebanyakan. Jadi kami ingin beda namun tetap menghibur. Nanti konsepnya seperti pertunjukan, bukan adu skill. Yang tak kalah menarik adalah dress-code peserta dengan tema figur kepahlawanan. Bisa super hero yang Indonesia maupun barat,” tambah Faiz.

Peserta diwajibkan memainkan 72 partitur drum dimana akan ada 32 bar kosong yang harus diisi oleh peserta sendiri sebagai bagian improvisasi dan kemampuan penulisannya. Peserta diperbolehkan memilih tempo permainan sesuai yang diinginkan saat memainkan partitur beserta metronome-nya.

Perangkat drum set minimalis berupa hi-hat, snare drum, bass drum, floor tom, single pedal, ride dan crash sengaja dipilih agar peserta lebih menikmati beat musiknya. Sementara untuk aspek penilaian meliputi kemampuan membaca dan menulis notasi, ketepatan tempo, beat groove, improvisasi, serta penampilan.

Melalui kompetisi semacam ini, menurut Faiz, diharapkan akan muncul musisi-musisi handal dari generasi muda yang tidak hanya mengandalkan skill atau teknik bermain drum saja namun juga memiliki kemampuan membaca dan menulis notasi yang terasah. “Untuk kedepannya kompetisi ini akan diselenggarakan secara rutin. Dimungkinkan bisa empat bulan sekali bisa diselenggarakan, tentu dengan tema yang berbeda-beda,” ujarnya.

Kompetisi yang disponsori oleh para drummer profesional Yogyakarta ini memperebutkan tropi bergilir dan Master Class untuk 6 drummer terbaik dengan penilaian dari 5 juri yang terdiri dari musisi-musisi bertaraf internasional.***(eka)

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on FacebookPin on PinterestShare on Google+Share on TumblrEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Wijaya Kusuma 310 B SIA Sleman – Yogyakarta – Indonesia 55284 Phone: +62 (274) 936 59 52