Warning: include(): Failed opening '/home2/jogjapag/public_html/wp-content/advanced-cache.php' for inclusion (include_path='.:/usr/php/54/usr/lib64:/usr/php/54/usr/share/pear') in /home2/jogjapag/public_html/wp-settings.php on line 58
10 Pembatik Sepuh Terima Sidji Batik Awards 2013 « JogjaPages.com JogjaPages.com

10 Pembatik Sepuh Terima Sidji Batik Awards 2013

Sidji Batik Awards

Manajemen Sidji Batik dan piala Sidji Batik Awards 2013. (Photo: Eka Wahyu)

Bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional ke-4, sepuluh pembatik tradisional yang telah mengabdikan hidupnya pada pelestarian proses membatik tradisional akan menerima penghargaan dari Sidji Batik. Penyerahan penghargaan Sidji Batik Awards 2013 untuk para pembatik yang berasal dari Yogyakarta dan Jawa Tengah ini akan dilangsungkan di Hyatt Regency, Rabu (2/10/2013) malam.

Menurut Marketing Communication Officer Sidji Batik Denny Arivian, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Sidji Batik terhadap dedikasi para pembatik yang rata-rata telah berusia lebih dari 70 tahun dan telah menggeluti dunia canting dan malam selama lebih dari 50 tahun. Sidji Batik Awards yang pertama ini juga dimaksudkan untuk mengangkat derajat para pembatik khususnya pecanting yang sudah selayaknya disebut sebagai pahlawan pelestari batik yang telah menjaga batik tradisional sebagai warisan budaya bangsa.

“Award ini juga didasari keprihatinan kami terhadap nasib dan keadaan ekonomi para pembatik tradisi yang telah mengabdikan hidupnya demi batik. Ditengah euphoria batik setelah pengakuan batik sebagai warisan dunia oleh UNESCO serta tingginya harga batik tulis di pasaran tapi masih banyak para buruh batik yang mendapat upah rendah dan hidup kurang layak. Ini sangat ironis. Oleh karena itu kami ingin sedikit memberi penghargaan kepada mereka semampu kami,” terang Denny saat jumpa media di Yogyakarta, Senin (30/9/2013).

Sepuluh pembatik yang akan mendapat penghargaan berupa piala Canting Sidji Batik Awards, cincin emas, uang tunai dan merchandise dari Sidji Batik ini telah terpilih melalui survey yang dilakukan panitia di beberapa daerah sentra batik di Bantul, Sragen, Solo, Lasem – Rembang, Pekalongan, dan Kabupaten Batang. Selain itu para pembatik tersebut juga akan menginap di Hyatt dan merasakan kenyaman hotel berbintang yang mungkin belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

“Tidak berhenti sampai pada pemberian award saja, kami juga akan terus mendampingi para pembatik tersebut serta membeli hasil kain batik mereka dengan harga yang lebih pantas. Dan menimbang keadaan rumah dan ekonomi beberapa pembatik yang cukup mengenaskan, kami juga berencana membangunkan rumah untuk dua pembatik sepuh sebagai awalnya,” ujar Denny.

Pemberian penghargaan Sidji Batik Awards kepada para pembatik tradisional ini nantinya akan dilakukan setiap tahun kepada pembatik yang telah mengabdikan hidupnya pada proses membatik tradisional selama lebih dari 20 tahun. Melalui penghargaan ini Sidji Batik ingin mengajak berbagai pihak untuk lebih memberi perhatian kepada para pembatik tradisional karena dari tangan merekalah batik tulis tetap ada.

Kesepuluh pembatik yang akan menerima penghargaan Sidji Batik Awards 2013 ini adalah: Mbah Suprihatin (70) dari desa Wijirejo, Pandak, Bantul; Mbah Jami’ah (79) dari Giriloyo, Bantul; Mbah Aisyah (70) dari Giriloyo, Bantul; Mbah Casmi (70) dari desa Kadipaten Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah; Mbah Dasi’ah (75) dari Denasri Wetan, Batang, Jawa Tengah; Mbah Sukati (75) dari desa Babagan, Lasem, Rembang, Jawa Tengah; Mbah Sarjinah (78) dari desa Karas Gede, Lasem, Rembang, Jawa Tengah; Mbah Joyo Sumarto (76) dari desa Sanggungan, Pasar Kliwon, Solo; Mbah Mutma’inah (70) dari Bukuran, Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah; dan Mbah Padmodirjo (73) dari desa Bergan, Wijirejo, Pandak, Bantul.***(eka)

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on FacebookPin on PinterestShare on Google+Share on TumblrEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Wijaya Kusuma 310 B SIA Sleman – Yogyakarta – Indonesia 55284 Phone: +62 (274) 936 59 52